Kelakuan Penumpang

Disclaimer : Lanjutan dari postingan yang lalu (tentang Angkot)

Berlanjut soal postingan gue tentang Angkot, ga adil rasanya kalo gue ga ngebahas tentang Penumpang-nya. Betul apa kata …. yang ada di “Persamaan Angkot di Ibukota”, Angkot ga bakal begitu kalo bukan karena penumpangnya.. itu semua karena adanya hukum timbal balik sama sebab-akibat. Dan kita ga bisa ngeliat penyebab kemacetan di Ibukota Cuma dari satu sisi (baca: Angkot) walaupun pada kenyataannya angkot disalahkan sebagai penyebab itu semua.

 

Penumpang – Penumpang adalah bla bla bla (detail)

Ternyata ada juga persamaan penumpang di ibukota, persamaannya adala

  1. Kalo haltenya jauh, si penumpang pasti naek dari sembarang tempat. “Haltenya nun jauh disana, mending naek dari sini“.
  2. Ga beda jauh sama naek, turunnya juga begitu, Egois adalah sifatnya. Ilustrasi : “Rumah gue disitu (jauh dari halte) ngapain gue musti turun dihalte dulu. Tapi keegoisan penumpang kalah, kalo si supir angkot taat sama peraturan (Turun dan Naekin penumpang di halte)“.
  3. Ga mau ketengah alias ga mau geser. Kalo ditengah-tengah bisnya masih ada ruang kosong. Di angkot, si penumpang lebih milih deket pintu dibanding harus ngisi yang dalem dulu. Di bis, si penumpang memilih dibelakang atau didepan deket pintu dibanding harus ketengah yang **mungkin nantinya akan membuat si penumpang susah kalo mau turun.
  4. Penumpang akan membayar semena-mena (baca: ga sesuai tarif) kalo menurut si penumpang, jarak dia naek angkot Cuma deket (kenapa ga jalan aja jeng :P ) – Faktor ini juga yang bikin banyak keributan antara penumpang dan si supir angkot.
  5. Penumpang laki-laki jarang mau ngalah sama perempuan – Biasanya terjadi di bis. Ga mau ngalah sama cewe apalagi ibu-ibu. Walaupun ga sering terjadi. Jadi inget gambar yang ada di busway (Ibu Hamil, Lansia, yang bawa anak-anak).
  6. Penumpang dalam wujud pelajar lebih seneng dipintu (ngegelantung) dibanding harus masuk kedalem. Ini ga Cuma buat pelajar, terkadang orang tua juga gitu..
  7. Maksain tetep naek, kalo bisnya udah penuh sesak. Faktor ini tergantung dari si supir bis, kalo si supir masih naekin penumpang, otomatis romantis si penumpang akan maksain masuk pula.
  8. Apalagi ya?

Mungkin itu persamaan penumpang dari gambaran gue sebagai penumpang – karena gue sendiri masih angkoters (baca: orang suka ngangkot). Ga ada niat buat ngeliat dari sebelah mata, ga ada niat buat memprovokatorin antara penumpang sama supir bis. Karena kalo ga ada bis, kita ga bisa kemana-mana (buat yang ngangkot) trus juga kalo ga ada penumpang, kesian pan si supir ga dapet duit. Ya ngga pir? :P

30 thoughts on “Kelakuan Penumpang

  1. Jadi.. intinya.. Si Supir orientasi Duit tanpa memikirkan keselamatan. Trus klo penumpang. Orientasi objek (duh ga nyambung lagi nih gw)

    [Reply]

  2. Ya kalau soal halte, saya lebih setuju sama idenya Transjakarta, mau ndak mau penumpangnya harus naik & turun di halte..

    Tapi apa ya bisa begitu beberapa tahun ke depan? :roll:

    [Reply]

  3. tempat saya ga ada halte. jadi kalo mo turun ya bilanga aja “gapura kiri mas” ato “tiang listrik kiri” kalo ga “pohon rambutan kiri pak”

    [Reply]

  4. yang salah semua aja..ya penumpangnya, ya angkotnya, semua pelaku. Kita emang perlu belajar banyak tentang tertib dan teratur

    [Reply]

  5. Ya gimana lagi dek…
    apa-apa sekarang udah mahal..
    gak elpiji mahal, minyak langka, solar juga mahal, setoran naek
    mau dikasih makan apa anak-anak saya?
    masa saya kasih keyboard tiap ari?

    Apalagi situ kalo bayar pasti minta kembalian
    kasih buat tips napa?

    *stater bis, kabooorrr*

    [Reply]

  6. Taat peraturan untuk tertib itu emang sulit… selalu aja ada alesannya untuk mengelak. Maka mending tegakkanlah peraturan yang benar dengan sebenar-benarnya oleh penegak kebenaran yang benar. (halah).

    Inget aja…kita memang punya kepentingan (entah itu duit, waktu atau apapun) Tapi inget juga.. orang lain juga punya kepentingan. mungkin untuk itulah peraturan itu di adakan.

    heheh kalo ga nyambung maaf ya… sambil makan durian nih ..(lebih ga konek lagi

    [Reply]

  7. hehehe analisa lu yahud juga man….bener tuh kasiah angkot kalau ngak numpuk penumpang ke dalam bis dia ngak dpt duit…tapi mosok sih sampe harus kayak ikan pindang…dilema..dilema… (kayak lagu dangdut) :-)

    [Reply]

  8. Peraturan ada buat dilanggar..
    Beugh, pengen banget ngejitakin orang2 yang punya prinsip kaya begituh :evil:

    [Reply]

  9. yang kayak gitu cuma ada di indonesia mam…. mantab lah… unik bener emang bangsa kita ini :D

    [Reply]

  10. ada lagi…
    kadang ada orang, bahkan pelajar smu, yang naik angkot sambil ngerokok, dan dia nerusin ngerokoknya dengan senang hati dan tanpa merasa bersalah…apalagi dia duduknya di pojok,jadinya asapnya tetep di dalem angkot tersebut…bete banget tuh orang…mudah2an klo naik angkot gak ketemu lagi ama orang kayak gitu…:p

    [Reply]

  11. Oiye…..ada penjahat kelaminnya juga mam!!! sadis lah!!
    gue ngeliat si PK cuma gue gak bisa banyak bertindak…HuFff..
    udah deh, gak usah di deskripsikan, sudah menjadi rahasia umums :D

    [Reply]

  12. sepertinya bung waterboom lagi intens mengamati carut marut transportasi ibukota..
    berawal dari kekesalan kah..??

    [Reply]

  13. adit-nya niez : itulah namanya kehidupan :D tapi mustinya sih kalo di hukumnya jual beli (ga tau nih hukumnya siapa) pembeli adalah raja, nah disini si penumpang berada sebagai pembeli.. ya ngga? jadi otomatis penumpang raja :D tapi yang namanya orang indonesia.. maunya raja teruss!!!!

    ivo : ya intinya (ikutan adit saam ivo :D ) di indonesia masih individualisme dalam tanda kutip ;))

    Nazieb : yap, saya juga setuju… apa musti semua angkot diganti sistemnya jadi sistem busway? hihi.. gimana nih bang kumis?

    masmoemet : samaan mas :D saya juga gitu ;))

    stey : betull!!! makanya saya ga mihak siapa pun :D, terkadang saya juga begitu :D

    hilda : minum antimo jeng :P

    ridu : penumpang :p

    Sopir Angkot : ngejar si supir pake king!!!! ajakin ribut!! hajar!!!! btw kasih monitor sekali-kali :P

    detnot : agh itu mah kerjaan situ.. selama jakarta ga ada orang kek situ mah aman-aman aja :P

    pututik : aku juga lelaki mas :D cuma dari yang aku liat begitu.. mungkin yang aku liat bukan laki ya :D

    kelepon : sip!! manusia makhluk sosial – masih butuh bantuan orang lain :D

    ekads : mirip.. beda dikit lah :-”

    Okta Sihotang : mungkin bajing lompat kali ya… kaya situ :P

    quelopi : bukan.. saya yang jadi bisnya :P puas!!! x(

    edy : saya belom punya motor mas :D

    Charles : yap.. si supir juga.. kalo udah penuh ya jangan ngangkut lagi :D masa ampe miring ;))

    romy : Ditunggu mas.. saya lagi beresin (holoh :-j ), kita liat aja mas :D

    uwiuw : hihi.. thx mas.. lah.. makanya.. cuma sipenumpang.. kalo disuruh naek juga tetep naek sih.. jadinya kembali ke orangnya :D

    Menik : saya nitip ya kalo ada yang pengen dijitak :D

    datum : Hidup indonesia.. hidup Indonesia… Assalammualaikum wr.wb (mama suhana mode on :P)

    aRieF DeLson : yap itu betull.. tapi ga cuma pelajar :D kadang orang tua, anak kuliahan juga gitu.. cuma namanya pelajar ya kasih sikap terpelajar ya ngga? :D

    _psyCho : yoi jo.. gw juga nemuin tuh kek orang ntu.. paragh dah!!!! btw bukannya ntu ente jo? **kaburrr!!!!

    tehaha : gitu lah.. nasib nasib… yupe.. semua pasti ada penyebabnya :D dan saya nulis ini pun karena ada penyebabnya ;))

    [Reply]

  14. klo ga umpel2an gitu…ga rame….
    ane ga bisa makan bos..!!!

    itu udah membuadaya….so,nikmati aja…
    ga suka…GA USAH NAEK..!!!!

    *siap2 nyopet*

    [Reply]

  15. COPET KERETA : **tereak!! COPPPPPPEEEEEEETTTTT!!!!!!! ciri-ciri copet kereta cuma satu : gelang ditangan banyak!! :)) (ngejar mas pepeng sambil bawa balok)

    [Reply]

  16. ahahaha….rajin bgt merhatiin perilaku penumpang angkutan umum..bisa dijadiin inspirasi nih buat yg mo ngerjain skripsi dgn judul “menertibkan kelakuan penumpang yg makin beringas” huahahaha :D

    [Reply]

Leave a Reply